Hari Guru Nasional, Ilham: Guru Harus Terus Berinovasi dan Bertranformasi

Lombok Barat--Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lombok Barat H.Ilham mengajak semua guru agar terus berinovasi, menciptakan perubahan dan kebaruan untuk melompat ke masa depan.

Hal itu ia sampaikan saat membacakan amanat Mendikbudristek Nadiem Makarim saat memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022 dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke-77 di Bencingah Kantor Bupati Lombok Barat Jumat (25/11). 

Ilham tak memungkiri, sampai hari ini masih ada guru yang ragu untuk melakukan perubahan dalam proses pembelajaran di kelas atau menjalankan tugas sebagai pemimpin satuan pendidikan.

“Memang, pada dasarnya tidak ada perubahan yang membuat kita nyaman.  Jika masih nyaman, itu artinya kita tidak berubah,” katanya.

Salah satu inovasi yang digencarkan Kemendikbudristek untuk para guru adalah Platform Merdeka Mengajar. Platform ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi.

Hingga per 25 November 2022, sebanyak 1,6 juta guru telah menggunakan Platform Merdeka Mengajar. Melalui Platform Merdeka Mengajar, guru dapat terbantu dalam menjalankan kegiatan pembelajaran, membantu mendorong kemajuan.

Selain itu, Platform Merdeka Mengajar memberikan opsi yang dapat menjadi solusi atas kekhawatiran maupun hambatan yang guru alami saat menjalankan peran sebagai pendidik.

“Saya berterima kasih kepada guru yang mau mencoba hal-hal baru, yang tidak takut untuk berinovasi, yang sadar dan paham bahwa sudah tiba waktunya untuk bertransformasi,” tuturnya.

Ditegaskan kembali oleh Ilham, perubahan tidak hanya terjadi bagi guru, melainkan perubahan juga meliputi seluruh pegawai di Kemendikbudristek yang terus dipacu untuk berinovasi, mengubah cara pandang dan cara kerja dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik.

Beberapa perubahan yang telah dilakukan Kemendikbduristek untuk para guru dalam Merdeka Belajar adalah terciptanya Platform Merdeka Mengajar dan Program Guru Penggerak.

Ada juga Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan pengangkatan guru honorer menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui seleksi ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK).

"Khusus Platform Merdeka Mengajar tersebut, kami buat berdasarkan kebutuhan di lapangan, bukan keinginan kami. Ini adalah perubahan besar cara kerja pemerintahan dalam melayani masyarakat,” kata Ilham menutup pembacaan amanat Mas Menteri Nadiem Makarim.

Post a Comment

Previous Post Next Post