Kadispendik Lobar Minta Kepala Sekolah Perbaiki Kualitas Manajemen Sekolah

Lombok Barat-Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Barat H. Nasrun meminta Kepala  SMP di Bumi Patut Patuh Patju untuk  memperbaiki kualitas manajemen lingkungan sekolah dan perencanaan. 

"Kualitas manajemen sekolah masih rendah,"katanya saat membuka agenda Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Lombok Barat di SMPN 4 Gerung, Rabu (5/12/2023).

Nasrun juga meminta Kepala Sekolah untuk menyusun program tahunan baik itu program jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek.  Hal ini penting dilakukan sebagai pedoman dalam menjalankan kegiatan yang ada di sekolah. 

"Di awal tahun pelajaran penyusunan kurikulum harus tuntas. Perlu juga meningkatkan layanan supervisi administrasi dan supervisi kelas. Ini menjadi catatan hasil Penilaian Kerja Kepala Sekolah (PKKS) Kepala Sekolah tahun 2023 ini,"paparnya. 

Menurut Nasrun, setiap kegiatan atau program yang menghabiskan anggaran harus ada output. Salah satu poin yang ditekankan oleh Kadisdik adalah pentingnya supervisi terhadap guru di setiap satuan pendidikan. Ia meminta kepala sekolah untuk aktif melakukan pengawasan. 

"Saya punya catatan bahwa mutu guru dalam proses pembelajaran harus ditingkatkan,"katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMP Tajuddin menyoroti terkait Perencanaan Berbasis Data (PBD). PBD adalah bentuk pemanfaatan data pada platform Rapor Pendidikan sebagai bentuk intervensi satuan maupun dinas pendidikan maupun pemerintah daerah terhadap mutu dan capaian pendidikannya dan bertujuan untuk mencapai peningkatan serta perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.

(PBD bertujuan untuk memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran serta pembenahan sistem pengelolaan satuan pendidikan yang efektif, akuntabel dan konkret)," katanya.

Post a Comment

Previous Post Next Post